UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 6 Malaka Kecamatan Pemenang kurang memuaskan bagi guru penjasorkes, hasil yang didapatkan siswa pada tes evaluasi akhir pembelajaran masih banyak siswa yang nilainya belum memenuhi standar Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan. Sedangkan tujuan diadakan penelitian ini adalah untuk mengefektifitaskan pembelajaran dengan cara pendekatan bermain lompat kanguru atau mengvariasikan berbagai macam permainan kedalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan diatas maka peneliti menyimpulkan rumusan permasalahan yang dihadapi oleh peneliti yaitu “Apakan melalui pendekatan bermain sebagai pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas V SD Negeri 6 Malaka Kecamatan Pemenang Tahun Pelajaran 2019/2020. Lompat jauh melalui pendekatan bermain merupakan salah satu alternatif pembelajaran lompat jauh di Sekolah Dasar. Namun kenyataannya dalam proses pembelajaran belum terlaksana secara optimal, metode yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian melalui pendekatan bermain menunjukan bahwa di siklus I nilai rata-rata akhir kelas 70,2 dan siswa yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal sebanyak 15 siswa dengan nilai persentase ketuntasan 41,6%. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain pada materi lompat jauh mengalami peningkatan dalam hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 6 Malaka Kecamatan Pemenang Kabupaten . Saran dari peneliti meliputi beberapa hal yaitu : diharapkan bagi guru penjasorkes di Sekolah Dasar untuk menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam pembelajaran, guru dapat menvariasikan berbagai macam bentuk permainan dalam pembelajaran.