Pengelolaan Pembelajaran Dengan Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas III SD Negeri 4 Mamben Daya
Abstract
Abstrak: “Pengelolaan Pembelajaran Dengan Penerapan Model Pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 4 Mamben Daya”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA melalui pengelolaan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament ) pada siswa kelas III SD Negeri 4 Mamben Daya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan 2 siklus dan 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 4 Mamben Daya yang berjumlah 23 siswa terdiri dari 11 laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan rumus persentase klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari hasil evaluasi dengan menggunakan tes tertulis berupa essay untuk mengetahui hasil belajar siswa cukup baik, yakni dari prasiklus, siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata 60,21 dengan ketuntasan klasikal 39%, siklus I diperoleh nilai rata-rata meningkat sebesar 66,47 dengan ketuntasan klasikal 65 % demikian pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 81,6 dengan ketuntasan klasikal sebesar 87 %. Dengan demikian Penerapan Model Pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament ) dapat Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD Negeri 4 Mamben Daya yang dapat dilihat dari bertambahnya jumlah siswa yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan model pembelajaran yang tepat dan sangat diminati oleh siswa karena terdapat games tournament yang dapat melibatkan seluruh aktivitas siswa tanpa adanya perbedaan status dan ditambah dengan pemberian hadiah menarik yang membuat siswa lebih semangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran.
Copyright (c) 2024 Ihwan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.