Dampak Virtual Reality terhadap Keterlibatan Mahasiswa dan Hasil Belajar di Perguruan Tinggi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) terhadap keterlibatan mahasiswa dan hasil belajar di perguruan tinggi. Dalam konteks pendidikan tinggi, keterlibatan mahasiswa merupakan faktor krusial yang mempengaruhi keberhasilan akademik. Teknologi VR menawarkan pengalaman belajar yang imersif dan interaktif, yang diyakini dapat meningkatkan motivasi dan partisipasi mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen untuk mengukur perbedaan keterlibatan dan hasil belajar antara kelompok mahasiswa yang menggunakan VR dan kelompok yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan tes hasil belajar yang dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa yang belajar menggunakan VR menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi dan hasil belajar yang lebih baik dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mengindikasikan bahwa integrasi VR dalam proses pembelajaran dapat menjadi strategi efektif untuk meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan teknologi pendidikan dan menawarkan wawasan bagi institusi pendidikan tinggi dalam mengimplementasikan teknologi VR untuk memfasilitasi pengalaman belajar yang lebih efektif dan menarik.