TIPOLOGI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL YANG TERLIBAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI BALI

  • I G.P.B. Sasrawan Mananda Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana
  • Ni Gusti Ayu Susrami Dewi Fakultas Pariwisata, Universitas Udayana

Abstract

Pengembangan Bali sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan merupakan praktek yang bertanggung jawab dan berkelanjutan dalam industri pariwisata sehingga membuka jalan bagi pendekatan alternative untuk pengembangan pariwisata. Permasalahan yang sering terjadi dengan adanya pariwisata adalah kesenjangan sosial antara masyarakat yang terlibat langsung dengan tidak langsung pada sektor kemiskinan, kekurangan air, penanganan sampah yang sistematis, peningkatan sektor pendidikan menjadi perhatian serius yang terkesan diabaikan oleh pemerintah dan masyarakat secara umum, oleh sebab itu dibutuhkan kewirausahaan sosial yang saat ini ada di Bali diantaranya R.O.L.E Foundation  di Nusa Dua merupakan perusahaan berbasis kewirausahaan sosial yang membantu untuk menjaga dan melestarikan lingkungan di darat dan laut di Bali, Yayasan Bumi Sehat yang berlokasi di Banjar Nyuh Kuning, Ubud yang membantu masyarakat dan wisatawan yang tidak mampu untuk melahirkan atau berobat dengan tenaga medis yang memiliki pengalaman pada bidangnya, Desa Wisata di Bali yang membantu masyarakat dalam pengembangan produk wisata untuk mendapatkan pendapatan secara ekonomi, menjaga lingkungan dan kebersamaan secara sosial yang berguna bagi masyarakat dan wisatawan, East bali cashew di Padang Galak, Denpasar yang membantu masyarakat untuk memperhatikan pertanian dan perkebunan dengan memaksimalkan potensi-potensi yang ada agar ekonomi yang diperoleh masyarakat meningkat, hal ini dilakukan dengan kolaborasi penjualan produk ke industri pariwisata. Kewirausahaan sosial disarankan sebagai strategi berbasis pasar untuk mengatasi masalah sosial sambil memaksimalkan manfaat dan meminimalkan konsekuensi negatif yang dapat diberikan pariwisata kepada masyarakat tuan rumah di Bali dan sampai saat ini, pemahaman tentang bagaimana kewirausahaan sosial yang bertujuan membantu kepariwisataan di Bali dapat menjadi katalis untuk pengembangan pariwisata yang berkelanjutan yang masih terbatas dan perlu dilakukan penelitian untuk ditindaklanjuti yang memberikan dampak bagi seluruh masyarakat lokal dan wisatawan yang datang ke Bali.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tipologi kewirausahaan sosial yang terlibat dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di Bali, menguraikan bentuk-bentuk peran pengusaha kewirausahaan sosial yang berbasis pariwisata di Bali dan menganalisis dampak kewirausahaan sosial terhadap pengembangan pariwisata berkelanjutan di Bali. Dengan menganalisis menguraikan tipologi kewirausahaan sosial dapat mengetahui tipe-tipe dari kewirausahaan yang ada saat ini di Bali, selanjutnya masing-masing tipe tersebut memiliki peran masing-masing dalam mengatasi permasalahan sosial, lingkungan, dan budaya dan selanjutnya dianalisis dampak yang ditimbulkan dengan adanya kewirausahaan sosial yang mayoritas dilakukan oleh komunitas yang melihat peluang untuk membantu masyarakat dan lingkungan di Bali agar keberlanjutan pariwisata di Bali dapat diwujudkan dan Bali selalu diminati oleh wisatawan nusantara dan mancanegara untuk datang berkunjung.

Tipologi model kewirausahaan sosial di Bali dengan menggunakan metode yang memungkinkan tipologi tersebut muncul dari data dibandingkan menerapkan kerangka kerja teoritis. Pendekatan ini menghasilkan dua jenis: wirausaha nirlaba yang berpusat pada penerima manfaat dan bisnis sosial yang berpusat pada pelanggan. Masing-masing memiliki fokus dan dampak sosial yang berbeda, seperti pengembangan potensi wisata di desa, meningkatkan akses keuangan di desa, memberdayakan perempuan, menciptakan lapangan kerja lokal, meningkatkan pendidikan dan layanan kesehatan, serta mendukung pelestarian alam. Tipologi kewirausahaan sosial di Bali mencerminkan keragaman pendekatan yang saling terkait untuk mencapai dampak sosial dan lingkungan yang berkelanjutan.

Published
2024-01-09
How to Cite
Mananda, I. G. S., & Dewi, N. G. A. S. (2024). TIPOLOGI KEWIRAUSAHAAN SOSIAL YANG TERLIBAT DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA BERKELANJUTAN DI BALI. Jurnal Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796 (online), 3(1), 306-324. Retrieved from https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jcm/article/view/2583