PANDUAN DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN DARING INTERAKTIF BERBASIS KAHOOT SEBAGAI BAHAN PELATIHAN BAGI GURU
Abstract
Salah satu komponen pembelajaran daring yang wajib dimiliki guru adalah komponen penguasaan media pembelajaran yang menarik, interaktif, dan efektif dan bisa diaplikasikan dalam kelas daring. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mendesain panduan pembelajaran yang dapat membantu dan memandu guru dalam mengkreasikan media pembelajaran daring yang tepat serta bisa diterapkan ke siswa. Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini mengikuti langkah-langkah penyusunan panduan desain pembelajaran kahoot yakni instalasi account setting, input konten, dan release. Produk yang dihasilkan dari kegiatan adalah panduan praktis penggunaan aplikasi pembelajaran daring berbasis kahoot. Platform kahoot ini diharapkan menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam menvariasikan penggunaan media pembelajaran interaktif dan bisa diimplementasikan di kelas daring. Kedepannya, panduan ini dapat digunakan sebagai bahan pelatihan untuk membantu guru dalam mencipatkan kegiatan pembelajaran daring yang interaktif dan menyenangkan sehingga siswa mampu mencapai kompetensi pembelajaran yang diinginkan.