PENERAPAN MEDIA PERMAINAN EGRANG BATOK KELAPA UNTUK MELATIH KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK PADA PAUD KELAS B TAHUN AJARAN 2022/2023
Abstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk mensosialisasikan kepada Guru pemnfaatan batok kelapa sebagai media bermain-belajar anak khususnya dalam melatih keterampilan social anak kelas B. Hal ini didasarkan atas masih kurangnya pengalaman dan keterampilan guru dalam memanfaatkan sumber alam di lingkungan sekitar. Target khusus yang dicapai dari kegiatan pelatihan ini adalah memberikan penguatan serta melatih Guru dalam berinovasi dan bisa memanfaatkan sumber daya alam sebagai media permainan dalam hal ini media alam yang digunakan adalah batok kelapa pada permainan egrang. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelatihan dan pendampingan yang bersifat partisipatif. Semua guru dan murid yang ada di lembaga tersebut menjadi peserta pelatihan dalam pengabdian kepada masyarakat. Pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini meliputi pemberian materi mengenai strategi guru dalam mengembangkan atau memodivikasi permainan engrang melalui batok kelapa. Untuk menjaga keberlanjutan hasil dari kegiatan ini, pendampingan terus dilakukan antara guru, murid dengan Tim Pelaksan pengabdian sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dapat tercapai secara optimal.